0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas! Seputar Kampus dan Rumah Kos Rawan Pencurian

Ilustrasi pencuri (dok.merdeka.com)

Sukoharjo — Kasus pencurian di rumah kos seputaran kampus di Kartasura dinilai cukup tinggi dengan rata-rata setiap bulan minimal ada tiga laporan kehilangan. Berbagai upaya dilakukan Polsek Kartasura, termasuk menghimbau pemilik kos meningkatkan keamanan dengan memasang CCTV dan membuat pagar yang aman.

“Kita sudah melakukan berbagai upaya, dulu sudah kita kumpulkan para pemilik kost agar lebih meningkatkan keamanan di tempat mereka. Namun hanya sebagian dari ratusan kost yang memasang CCTV,” kata Wakapolsek Kartasura, Iptu I Ketut Sukira, Jumat (26/8).

Untuk saat ini hampir seluruh daerah yang banyak terdapat tempat kost menjadi daerah rawan terjadi pencurian. Seperti di Desa Pabelan, Gonilan, Makamhaji, Gumpang dan Pucangan yang dekat dengan lokasi kampus sering terjadi pencurian mulai dari laptop hingga kendaraan bermotor.

Setiap bulan Polsek Kartasura rata-rata menerima laporan kehilangan dua sampai tiga kasus dan semua berasal dari tempat kos mahasiswa maupun karyawan pabrik. Selain tempat kos yang kurang baik sistem pengamanannya, perilaku penghuni kos yang rata-rata dari luar daerah kurang memperhatikan keamanan.

“Mereka yang sering kehilangan rata-rata mahasiswa dari luar daerah yang di daerah asalnya memang sangat aman dan nyaris tidak ada kasus pencurian. Dengan kondisi ini setiap hari kita rutin melakukan patroli dari gang ke gang sekitar kampus sehari bisa dua sampai empat kali,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge