0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Usai Lihat Video Freddy Budiman, Ini Kata Kapolri

merdeka.com
Kapolri, Jenderal Tito Karnavian (merdeka.com)

Timlo.net – Isi video testimoni Freddy Budiman dinilai masih sumir. Kapolri Jendral Tito Karnavian menyebutkan, jika dimaknai secara umum pengakuan Freddy mengenai adanya polisi terlibat bisnis narkoba masih multitafsir.

“Menyebutkan bahwa ada anggota yang tahu tentang kegiatan dia. Tahu itu kan sumir sekali. Tahu apa maksudnya? Kita enggak ngerti,” ujar Tito di Bareskrim Mabes Polri, Jumat (26/8).

Karena masih simpang siur sehingga isi dalam rekaman tersebut masih diselidiki Tim Independen Polri. Namun, menurut Tito, rekaman itu tidak bisa dibuka kepada publik karena isinya masih diselidiki Tim Independen.

“Kalau kita sampaikan kepada publik, bisa trial by the press. Publik menganggap itu benar. Padahal itu keterangannya menurut saya keterangan yang sangat umum sekali, bukan menyebutkan tempat, apalagi menyebutkan uang,” ujar Tito.

Ketika ditanya apakah video testimoni Freddy ini bisa membantu proses yang sedang dilakukan Tim Independen Polri, Tito hanya mengatakan bahwa Tim Independen akan terus berupaya melakukan penelusuran dan langkah-langkah selanjutnya.

“Mungkin kalau dia (Freddy) mengatakan, kami yang menjadi domain daripada Polri akan menyelidiki, apa betul katanya, yang menurut keterangan Haris Azhar, Freddy mengatakan memberikan Rp 90 miliar kepada pejabat di Mabes Polri? Nah itu yang menjadi domain investigasi Tim Independen Polri,” kata Tito.

Namun, ketiadaan nama yang disebut dalam testimoni Freddy itu, membuat Tim Independen kesulitan untuk mengerucutkan penelusuran pada nama-nama oknum, yang seharusnya diungkapkan Freddy dalam video testimoninya tersebut.

“Ini (isi video yang) kita (miliki) dengan dia (Freddy) menyampaikan ke Haris Azhar tidak menyebutkan nama. Tapi kalau di sini dia menyebutkan nama, tapi tidak masalah uang, hanya mengatakan ‘mengetahui’ kegiatan dia, otomatis ini bagi kita Tim Independen akan mengerucut pada nama yang disebutkan itu,” jelas dia.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge