0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Tujuh Obyek Wisata Alternatif yang Patut Dikunjungi

dok.timlo..net/tarmuji
Air terjun tingkat tiga Juruk Kemukus, Purwoharjo, Karangtengah, Wonogiri (dok.timlo..net/tarmuji)

Wonogiri — Ada beberapa destinasi wisata baru di Wonogiri yang mungkin bisa menjadi alternatif mengisi liburan di akhir pekan. Selain murah, obyek wisata ini menarik untuk dikunjungi. Rata-rata wisata baru ini belum dikelola Pemkab Wonogiri. Namun demikian, warga sekitar dengan swadaya memberikan fasilitas umum.

Ada tujuh lokasi wisata baru, semuanya merupakan wisata alam. Akses jalan menuju lokasi pun terbilang mudah. Bahkan lokasi ini beberapa waktu lalu sempat menjadi bahan perbincangan masyarakat hingga ramai di beberapa akun media sosial.

Lokasi wisata baru itu tersebar di beberapa kecamatan di antaranya Soko Gunung di Desa Sendang, Wonogiri Kota. Di Soko Gunung dilengkapi dengan gardu pandang. Mata pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan Kota Wonogiri plus perairan Waduk Gajah Mungkur.

Selanjutnya, air terjun tingkat tiga Juruk Kemukus yang terletak di Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah. Air terjun ini ditemukan di awal tahun 2016. Air terjun ini disebut tingkat tiga, lantaran bersusun tiga. Namun lokasi menuju air terjun ini perlu kehati-hatian, pasalnya jalan menuju lokasi berupa jalan setapak. Itupun swadaya dari warga sekitar.

Kemudian Pinus Sewu Komboro, Desa Jeporo dan Sper Wono Asri, Kecamatan Jatipurno. Dua lokasi ini menawarkan panorama alam hutan pinus di atas perbukitan. Persis terletak di lereng Gunung Lawu bagian selatan. Hawa sejuk dan alami membuat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan dari luar Wonogiri.

Selanjutnya Puncak Cumbri di Kecamatan Purwantoro. Lokasi ini sempat booming di penghujung tahun 2015. Dari puncak Cumbri dapat melihat sebagian Kota Wonogiri dan juga kota tapal batas Jawa Timur. Masih bicara ketinggian, Gunung Besek di Kecamatan Kismantoro pun hampir sama, mata akan dimanjakan dengan pesona alam Wonogiri dan sebagian Jatim.

Tak kalah menarik lagi, belum lama ini khalayak menemukan obyek wisata alam baru, dan banyak yang menyebut obyek wisata ini satu-satunya di Indonesia atau Grand Canyon-nya Indonesia.

Obyek wisata lain adalah Watu Adeg yang terletak di Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro. Obyek wisata ini berupa pegunungan yang nampak seperti Grand Canyon di Arizona. Dinamakan Watu Adeg, karena nampak bebatuan yang berdiri tegak, dengan diselimuti rerumputan dan semak belukar yang menghijau menambah eksotisme panorama alam.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge