0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

WhatsApp Akan Berbagi Data Pengguna Dengan Facebook

WhatsApp for PC. (Dok: Timlo.net/ The Independen.)

Timlo.net—WhatsApp akan berbagi nomor ponsel Anda dengan Facebook bahkan jika Anda menggunakan nomor berbeda. Tujuan dari langkah ini adalah untuk mengaktifkan iklan yang lebih tertarget dan melawan spam. Jika kedua layanan itu terinstal dalam perangkat yang sama, Facebook akan bisa memperoleh informasi nomor ponsel yang dipakai di WhatsApp. Kebijakan privasi WhatsApp diperbarui dengan pernyataan baru.

“Sebagai contohnya, jika seseorang menggunakan Facebook dengan cara merusak, mengirim link-link jahat kepada para pengguna, dan kami bisa mengidentifikasi akun itu juga memakai WhatsApp, kami bisa mematikan akun itu dan layanan tidak hanya di Facebook,” ujar perwakilan WhatsApp kepada The Economic Times.

Update baru itu akan secara positif mempengaruhi platform iklan untuk bisnis di Facebook. Pengiklan bisa menampilkan iklan yang lebih relevan dengan menarik data dari berbagai nomor ponsel berbeda yang dihubungkan dengan kedua layanan itu.

“Sebagai contohnya jika Anda mendaftar dalam daftar email langganan sebuah toko bunga lokal menggunakan nomor ponsel yang sama yang Anda gunakan untuk akun WhatsApp, dan mereka memutuskan untuk beriklan di Facebook, Anda bisa melihat iklan-iklan toko itu di Facebook,” jelas perwakilan WhatsApp.

Untungnya, pengguna bisa mematikan pilihan berbagi informasi dengan Facebook terkait iklan atau layanan produk. Tapi nomor ponsel mereka akan tetap dibagi di antara kedua layanan itu. Whatsapp menekankan jika mereka tidak akan membagikan nomor ini dengan pihak lain di Facebook dan tidak akan menjual, membagikan atau memberikan nomor itu kepada para pengiklan. Perubahan kebijakan privasi ini hanya berarti kita akan melihat saran teman di Facebook dari kontak kita di WhatsApp. Perubahan ini akan mulai dilakukan secara bertahap mulai dari Kamis malam minggu ini.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge