0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kapolri : Karhutla Tahun Ini Menurun

Kapolri, Jenderal Tito Karnavian (merdeka.com)

Timlo.net — Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, kebakaran hutan dan lahan menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Menurut Tito, hal ini lantaran adanya satgas pemburu api yang bekerja ekstra keras.

“Tahun ini ada penurunan kebakaran lahan hutan dibanding tahun lalu,” kata Tito usia melakukan rapat penanganan Karhutla bersama sejumlah menteri kabinet kerja di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (25/8).

Tito menegaskan, satgas gabungan TNI, Polri, Pemda serta KLH sudah maksimal untuk memadamkan kebakaran lahan di beberapa daerah.

“Satgas pemburu api ini efektif. Ketika ada informasi api mereka langsung bergerak dan mematikan api. Mereka bekerja secara militan,” jelas Tito.

Menurut Tito, faktor lain yang membuat penurunan titik api adalah kondisi cuaca. Selain itu, curah hujan tinggi juga membantu proses pemadaman api akibat kebakaran tersebut.

“Faktor hujan karena ada fenomena La Nina, seharusnya sampai hari ini kemarau, biasa tahun lalu kemarau panas sekali. Tapi sampai hari ini masih terjadi hujan. Hal ini banyak membantu kita, tapi langkah-langkah pro aktif tetap kita lakukan,” jelasnya.

[sho]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge