0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Lepas Dua Guru Besar Kedokteran

timlo.net/eko prasetyo
Pelepasas Guru Besar Kedokteran (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Universitas Sebelas Maret (UNS) melepas dua guru besar (gubes) memasuki purna tugas pada Sidang Pleno Senat UNS yang dipimpin Rektor UNS Ravik Karsidi, di ruang Sidang Senat UNS, Solo, Kamis (25/8). Kedua guru besar tersebut, masing-masing Guru Besar bidang Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan Prof Dr dr Tedjo Danidjo O SP OG (K) dan Guru Besar bidang Ilmu Anatomi Prof Dr dr Satimin Hadiwidjaja, PAK MARS.

“Saya terakhir bertugas di laboratorium Anatomi Fakultas Kedokteran UNS yang bergelut dengan cadaver (mayat) dalam menganalisis struktur tubuh manusia,” ungkap Prof Satimin pada pidato perpisahan.

Satimin mengusulkan kepada Fakultas Kedokteran UNS agar kurikulum harus dinamis, harus berkembang sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan kemajuan teknologi dalam segala hal dengan tidak mengesampingkan aspek yang lain.

Menurutnya, bukan rahasia lagi bahwa kurikulum baru dengan pendekatan sistem blok, kualitas mahasiswa agak tidak menggembirakan, terutama untuk kelompok ilmu-ilmu Biomedik. Hal ini disebabkan memang dalam kurikulum tersebut tidak dimunculkan nilai-nilai kompetensi ilmu-ilmu Biomedik. Kompetensi hanya muncul untuk kelompok ilmu-ilmu Kedokteran Klinik saja. Inilah pokok masalah yang harus mendapat solusi yang baik, agar kualitas mahasiswa tetap dijaga.

“Karena itu, saya mengusulkan proses pembelajarannya yang harus dikritisi, dengan tidak perlu merubah program kurikulum,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge