0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puluhan Warga Demo Tolak Tower Telekomunikasi

timlo.net/putra kurniawan
Demo warga tolak tower (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Puluhan warga Dukuh Gambiran, Desa Cemani, Kecamatan Grogol menggelar aksi unjuk rasa menolak pembangunan tower telekomunikasi. Mereka mengaku takut dampak buruk bagi kesehatan dan khawatir sewaktu-waktu bisa roboh dan menimpa warga sekitar.

“Pembangunan tower ini berada di lahan bekas pembuangan sampah dan sangat dekat dengan rumah warga. Kami khawatir jika roboh mengenai kami dan selama ini belum ada sosialisasi tahu-tahu sudah dibangun,” kata salah satu warga, Sri Handayani, Kamis (25/8).

Puluhan warga yang berasal dari RT 3 dan RT 4/ RW 1 Dukuh Gambiran ini mendatangi Kantor Balai Desa untuk menanyakan kejelasan pembangunan tower telekomunikasi milik PT Smartfren Telecom. Para warga ini meminta Satpol PP turun tangan untuk mengecek ijin pendirian tower yang diyakini warga belum ada.

Para warga yang didominasi ibu-ibu ini juga melakukan aksi unjuk rasa di lokasi pembangunan tower dengan membentangkan spanduk bernadakan penolakan. Mereka mengatakan ada 50 KK di RT3 dan 36 KK di RT 4 yang terdampak langsung atas keberadaan tower tersebut.

“Kami menolak kompensasi apapun dan penolakan ini murni dari warga yang terdampak langsung di sekitar lokasi tower. Dan kami minta transparansi pembangunan tower ini, kami minta Satpol PP turun tangan memeriksa ijin pendirian tower ini,” tandas warga lainnya, Ainnurochman.

Sementara itu pihak PT Smartfren Telecom mengatakan, proses pembangunan sudah sesuai prosedur dan tidak mungkin berani memulai pembangunan jika belum ada ijin warga. Warga di radius terdekat sudah mendapatkan kompensasi, dan akan diupayakan proses mediasi agar semua berjalan lancar dan tidak ada yang dirugikan.

“Kita upayakan mediasi agar semuanya clear,” tandas Manjer Are Jateng PT Smartfren Telecom Tbk, Budi Irawan saat dikonfirmasi awak media.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge