0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Penyebab Kebakaran Pabrik Pembuatan Sangkar Burung

Lurah Mojosongo melihat langsung lokasi puing-puing kebakaran yang menghanguskan pabrik pembuatan sangkar burung di Mojosongo (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Pabrik pembuatan sangkar burung berskala ekspor yang terbakar di kawasan Kampung Mertaudan RT 07/RW 09, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres lantaran kecerobohan salah seorang pekerja. Kuat dugaan, terdapat seorang pekerja yang menyalakan rokok dan tersiram thiner waktu melakukan pengerjaan finishing di pabrik tersebut.

“Kalau dari cerita para pekerja, tadi ada yang merokok. Waktu itu, karyawan yang lain sudah memperingatkan supaya tidak merokok di tempat finishing,” terang pemilik pabrik sangkar burung, Ngadi (47), Kamis (25/8).

Saat melakukan pekerjaan berupa pemlituran, seharusnya karyawan tidak dioerbolehkan merokok. Pasalnya, terdapat barang-barang mudah terbakar di pabrik beromset puluhan juta tiap bulan tersebut.

“Waktu sedang mlitur itu, kakinya nyenggol thiner. Thiner jatu tepat di atas rokok dan mengakibatkan terbakarnya sisi belakang pabrik,” jelas Ngadi.

Pantauan di lapangan, api melahab bagian bengkel finishing sangkar burung. Api juga sempat menghanguskan sebagian gudang yang menyimpan produk sangkar burung bernilai jutaan rupiah. Beruntung api dapat segera dipadamkan sehingga kerugian tidak bertambah besar.

Sebelumnya diberitakan, sebuah pabrik sangkar burung di kawasan Kampung Mertaudan RT 07/RW 07 Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres tiba-tiba terbakar sekitar pukul 13.30 siang. Sontak peristiwa itu membuat geger sejumlah warga dan siswa di SMA Negeri 8 Solo lantaran jaraknya yang sangat dekat. Sebanyak tujuh pemadam diterjunkan untuk memadamkan si jago merah.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge