0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspadai Antraks, Disnakan Pantau Wilayah Perbatasan

Pasar hewan Sunggingan Boyolali Kota (timlo.net/nanin)

Boyolali — Menjelang hari raya kurban, Disnakan Boyolali mengetatkan pengawasan di wilayah perbatasan. Langkah ini dilakukan untuk mencegah hewan kurban berpenyakitan masuk ke Boyolali. Salah satu penyakit yang diantisipasi adalah penyakit antraks.

“Wilayah kita pernah terkena antraks, tapi tiap tahun kita lakukan penelitian, saat ini sudah aman,” kata Kepala Disnakan, Bambang Jiyanto, Kamis (25/8).

Wilayah Boyolali yang pernah terkena antraks, di Ampel, Teras, Andong dan Klego. Untuk kasus yang paling dekat terjadi di Karangmojo, Klego. Untuk wilayah ini, pihaknya secara rutin melakukan pengecekan di kawasan tersebut. Tujuannya, untuk melihat apakah keberadaan spora kembali menyerang ternak sapi di sekitarnya.

“Ini kita lakukan untuk menjamin wilayah aman dari antraks,” imbuhnya.

Selain antraks, pihaknya juga mewaspadai penyakit cacing hati. Menyusul saat ini hujan masih turun di musim kemarau. Sehingga hewan ternak, seperti kambing dan sapi, rawan terkena cacing hati. Selain pemberian obat, antisipasi penyakit ini juga bisa dilakukan peternak dengan menjaga kebersihan.

“Pakan ternak, seperti rumput hijau yang basah, jangan langsung diberikan,” ungkapnya.

Bambang juga menyarankan bagi masyarakat untuk tidak tergiur dengan harga hewan kurban yang murah. Yang terpenting, hewan kurban dalam kondisi sehat.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge