0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

FKUB Klaten Sosialisasi Peraturan Bersama Dua Menteri

dok.timlo.net/aditya wijaya
Sosialisasi peraturan bersama dua menteri oleh FKUB di pendopo Pemkab Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Klaten menggelar sosialisasi Peraturan Bersama Menteri (PBM) Agama dan Menteri Dalam Negeri (Menag dan Mendagri) No 9 dan 8 tahun 2006 di Pendopo Pemkab Klaten, Kamis (25/8). Sosialisasi diikuti ratusan Ketua Rukun Warga (RW), perangkat desa dan tokoh masyarakat di eks wilayah pembantu bupati Kota dan Gondang Winangun.

“Pada dasarnya substansi PBM tersebut adalah pemeliharaan kerukunan umat beragama, pemberdayaan FKUB, dan pendirian rumah ibadah yang menjadi tugas dan tanggung jawab bersama antara pemerintah, pemda, dan masyarakat,” ujar Ketua FKUB Klaten, Syamsuddin Asyrofi.

Sementara, menurut keputusan bersama (SKB) dua menteri, kata dia, ketertiban dan kelancaran pelaksanaan pengembangan dan ibadah agama oleh pemeluk-pemeluknya menjadi tugas aparatur pemerintah, yakni Kepala Daerah dan Kepala Perwakilan Departemen Agama.

“Dengan demikian PBM lebih desentralistis dibanding KBM yang cenderung sentralistis. PBM lebih sesuai dengan semangat otonomi daerah yang menjadi tuntutan masyarakat dan kebijakan pemerintah sehingga diharapkan mempunyai sisi positif dalam pelaksanaannya,” katanya.

Sejak dikukuhkan pada 30 April 2007 lalu, sambung Syamsuddin Asyrofi, sebanyak 10 tempat ibadah mengajukan ijin mendirikan tempat ibadah baru. Tujuh diantaranya telah mengantongi rekomendasi, sedangkan sisanya dikembalikan lantaran tidak memenuhi syarat administrasi, seperti pemenuhan syarat dukungan KTP.

“Kurang dari 10 yang mengajukan, sedangkan yang direkomendasikan ada enam atau tujuh (rumah ibadah). Ada juga yang mengalami penolakan seperti di Karangdowo. Yang pasti jika ada penolakan, FKUB berupaya memanggil untuk mengkonfirmasi yang menolak dan yang mengajukan ijin dengan harapan semua dapat berjalan dengan baik,” sambungnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge