0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Regulasi Baru, Perbankan vs Fintech Bersaing Sehat

merdeka.com
rupiah (merdeka.com)

Timlo.net – Aturan baru mengenai industri keuangan berbasis teknologi atau financial technology (fintech) akan dirilis awal September ini. Melalui aturan itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ingin agar kompetisi antara fintech dengan perbankan bisa berjalan sehat.

“Apakah kehadiran fintech ini sebagai kompetisi atau kolaborasi dengan perbankan? Kompetisi harus sehat, tetapi kami cenderung mengarahkan pada kolaborasi,” kata Deputi Komisioner Pengawasan Perbankan OJK, Mulya E Siregar, Kamis (25/8).

Menurut Mulya, OJK tidak memungkiri bahwa pemanfaatan fintech oleh perusahaan pemula (start-up company) berjalan sangat masif, sehingga perlu adanya POJK untuk memayungi persaingan di industri perbankan.

Nantinya apapun mekanisme pelayanan di industri perbankan, OJK berharap agar penyaluran pembiayaan harus tetap mengarah pada Sustainable Development Goals (SDG’s).

“Pembiayaan itu harus sustainable dan tidak berdampak negatif pada lingkungan dan planet ini,” imbuh Mulya.

Mulya mengakui perkembangan teknologi informasi telah mendorong lembaga perbankan untuk mendorong peningkatan layanan berbasis IT.

“Di saat yang sama, banyak start-up non bank yang sudah menyiapkan produk-produk jasa keuangan. Harapan kami, kedua belah pihak bisa bekerja sama,” paparnya.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge