0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Permudah Akses ke 4 J, Jalan Slamet Riyadi Dilebarkan

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat melakukan groundbreaking (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar  — Akses jalan menuju wilayah Empat J yakni Jumantono, Jumapolo, Jatiyoso dan Jatipuro mulai ditingkatkan. Hal itu dimulai dengan memperlebar Jalan Slamet Riyadi sepanjang 664 meter dari Taman Pancasila sampai wilayah Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar.

“Jalan Slamet Riyadi dilebarkan dari 5 meter menjadi 9,4 meter. Selain itu, drainase juga diperbaiki agar pembuangan air lancar. Proyek tersebut dianggarkan Rp 5 miliar yang bersumber dari Bantuan Keuangan (Bankeu) APBD I Provinsi Jawa Tengah,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Karanganyar Edhy Sriyatno, kemarin.

Dijelaskan, drainase tersebut nantinya akan ditutup beton bertulang. Untuk pelebaran jalan, pihaknya sempat mendesain ulang proyek itu karena penyesuaian garis sempadan jalan. Pelebaran ini awalnya digambar tujuh meter ke kanan dan kiri.

“Ternyata setelah dilihat IKA (Inland kadaster/garis sempadan jalan), hak pelebaran hanya sampai 6,5 meter. Kemudian didesain ulang, yang mengakibatkan pelaksanaan proyek tertunda selama satu bulan,” kata Edhy.

Namun demikian, pihaknya optimis proyek itu selesai tepat waktu. Rekanan pelaksana dari PT Widoro Kandang ditarget menyelesaikan pekerjaannya maksimal 22 Desember mendatang. Pihaknya juga meminta pemilik bangunan dan pengusaha di sepanjang ruas jalan itu untuk memahami proyek itu.

”Selama proyek dikerjakan, akses jalan memang sedikit menyempit. Jadi pengguna jalan harus berhati-hati,” jelasnya.

Selain itu, kata Edhy instansi terkait diminta mempersiapkan penghijauan karena ada 61 pohon yang akan dipangkas

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, penataan Jl Slamet Riyadi mulai selatan Taman Pancasila sampai Lalung diharapkan membuka akses ke wilayah selatan kabupaten menjadi lebih luas.

“Nantinya trotoar akan menyambung sampai ke Papahan dan Palur,” kata Bupati.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge