0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Paksa Anak Ngemis, Tiga Orang Tua Ini Diamankan Polisi

Ilustrasi Pengemis (merdeka.com)

Timlo.net — Tiga orangtua pelaku penelantaran dan eksploitasi anak diamankan Polres Kota Malang. Ketiganya memaksa anak masing-masing untuk mengemis dan berjualan di pinggir jalanan.

Tiga pelaku terdiri dari Kardi (46), Hasan (36) dan Maesaroh (40). Dua pelaku masing-masing mempekerjakan dua anak dan satu pelaku mempekerjakan tiga anak.

Ketiga pelaku berasal dari Muharto, Kedung Kandang, Kota Malang. Mereka mengaku melakukan eksploitasi untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Kapolres Kota Malang, AKBP Decky Herdarsono mengungkapkan, semula pihaknya mengamankan anak-anak yang sedang mengamen di malam hari di beberapa lokasi. Anak-anak tersebut diamankan dan saat ditanya, mengaku disuruh bekerja oleh orangtuanya.

“Tujuh anak di bawah umur diamankan, sementara motifnya eksploitasi dan penelantaran. Soal adanya kekerasan atau tidak masih kita dalami,” kata Decky di Mapolres Kota Malang, Rabu (24/8).

Dari ketiganya pelaku, disita uang hasil mengamen anak-anak mereka sebesar Rp 181 ribu beserta alat mengamen. Alat tersebut berupa tutup botol yang sudah dipipihkan dan ditancapkan ke sebuah kayu.

“Korban yang masih anak-anak ini diminta terus mengamen hingga malam, kalau target belum memenuhi,” katanya.

Ketiga pelaku diancam Pasal 88 junto pasal 76i Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI Nomer 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Ketiganya diancam hukuman 10 tahun penjara.

[rnd]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge