0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penyaluran DAU Ditunda, Pemkab Kena Getahnya

dok.timlo.net/gg
Ilustrasi (dok.timlo.net/gg)

Klaten — Kementerian Keuangan menunda penyaluran sebagian Dana Alokasi Umum (DAU) untuk 169 daerah dengan nilai Rp 19,418 Triliun. Kabupaten Klaten menjadi salah satu daerah yang terkena kebijakan tersebut.

“Iya, kami sudah bertemu dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk membahasnya. Kesimpulannya, efisiensi anggaran,” ujar Asisten Bidang Pemerintahan Setda Klaten sekaligus Pelaksana Harian (Plh) Sekda Klaten, Bambang Sigit Sinugroho, Rabu (24/8).

Penundaan penyaluran DAU tersebut telah diatur melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 125/PMK.07/2016 yang diteken Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pada 16 Agustus lalu.

Adapun DAU yang diterima Klaten tahun ini mencapai Rp 1,23 Triliun. Sedangkan penundaan DAU oleh pemerintah pusat sebesar Rp 33,62 Miliar per bulan. Penundaan berlaku September hingga Desember 2016.

Penundaan tersebut, kata Bambang Sigit, berdampak pada penyusunan Rancangan APBD Perubahan (RAPBD-P) 2016 yang akan diserahkan ke DPRD Senin (29/8) mendatang. Akibatnya, jajaran eksekutif terpaksa merombak kembali susunan RAPBD-P yang sudah mencapai 90 persen.

“Selain itu, penyaluran ADD (alokasi dana desa) berkurang 10 persen atau sekitar Rp 30 juta per desa selama empat bulan karena efisiensi tersebut. Nanti akan segera kita sosialisasikan,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge