0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PLN : Hanya 542 Ribu Pelanggan yang Layak Diberikan Tarif Subsidi

timlo.net/setyo pujis
General Manager (GM) PT PLN Persero Distribusi Jateng dan DIY, Dwi Kusnanto saat memberikan materi kepada siswa sekolah di SMA N 1 Solo (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Jawa Tengah dan DIY sudah mengantongi data pelanggan miskin yang layak diberikan subsidi oleh pemerintah. Oleh karena itu, bagi para pelanggan yang tidak masuk dalam kategori pemberian tarif listrik subsidi tersebut diharapkan dapat bermigrasi ke daya listrik non subsidi atau 1.300 VA .

“Hasil survei yang dilakukan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), dari 3,2 Juta pelanggan listrik subsidi 450-900 VA yang ada di Jateng dan DIY, hanya 542 Ribu pelanggan yang nantinya berhak menikmati daya listrik subsidi dari pemerintah,” ujar General Manager (GM) PT PLN Persero Distribusi Jateng dan DIY, Dwi Kusnanto kepada wartawan, Rabu (24/8).

Kendati demikian, dirinya tidak dapat memberikan penjelasan terkait kriteria apa yang digunakan untuk mengklasifikasikan pelanggan miskin tersebut. Pasalnya yang diberikan kewenangan untuk memberikan penilaian dan survey adalah TNP2K, dan PLN hanya berkapasitas untuk menindaklajuti dari hasil tersebut.

Sementara untuk memudahkan para pelanggan yang ingin bermigrasi dari 900 VA ke 130 VA, pihaknya telah membuat program promo dengan membebaskan biaya tambah daya yang dilakukan masyarakat. Program itu berlaku hingga akhir tahun mendatang.

“Program tambah daya gratis ini juga bagian dari upaya kita untuk memfasilitasi masyarakat. Sehingga harapannya dapat mengurangi alokasi subsidi dari pemerintah,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge