0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UPTD Museum Terbentuk, Tahun Depan Ditargetkan Mulai Bekerja

Museum Radya Pustaka (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pemerintah Kota Solo akhirnya membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum yang bakal mengelola Museum Radya Pustaka dan Museum Keris. UPTD Museum dijadwalkan mulai kerja tahun 2017 mendatang.

“Saya sudah tandatangani Surat Keputusannya beberapa hari kemarin,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Rabu (24/8).

Sebelumnya, Pemkot masih menimbang-nimbang apakah lembaga yang mengelola museum di Solo itu berbentuk UPTD atau Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Setelah melalui berbagai kajian dan pertimbangan akhirnya diputuskan UPTD lebih tepat.

“Kalau UPTD murni pelayanan. Tidak mencari profit. Makanya kami pilih UPTD,” kata Rudy.

Meski SK yang mendasari pembentukan UPTD Museum telah ditandatangani Walikota, UPTD tersebut baru bisa bekerja tahun depan karena belum adanya anggaran untuk unit baru itu. Selain itu, struktur organisasi yang lengkap juga belum dibentuk sehingga belum bisa bekerja.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Eny Tyasni Suzana mengklaim pihaknya sedang berupaya keras agar UPTD tersebut bisa berfungsi optimal tahun depan. Ia mengatakan untuk membentuk UPTD diperlukan waktu dan persiapan adminsitrasi yang tidak sederhana.

“Kita kan perlu menyiapkan tenaga-tenaga ahlinya karena ini mengurus barang antik. Jadi nanti yang mengelola tidak cuma dari Pemkot saja,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge