0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bapermas Ajukan Tambahan 250 RTLH pada APBD-P

dok.timlo.net/nanang rahardian
Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) (dok.timlo.net/nanang rahardian)

Klaten — Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Klaten mengajukan tambahan anggaran ratusan unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk dipugar tahun ini. Langkah tersebut sebagai salah satu upaya Klaten keluar dari zona merah kemiskinan.

“Kami mengajukan 250 unit RTLH dalam APBD Perubahan tahun ini. Tapi sekarang masih proses,” ujar Kepala Bapermas Klaten, Herlambang Jaka Santosa, Rabu (24/8).

Jika tambahan kuota tersebut disepakati, kata dia, maka sebanyak 1250 unit RTLH dipugar pada tahun ini. Dari jumlah itu, 100 unit di antaranya dipastikan berasal dari dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau (DBHCT).

Diterangkan, kriteria RTLH meliputi lantai masih berupa tanah, dinding anyaman bambu, bangunan bukan permanen, atap sederhana, dan tidak memiliki fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK). Masing-masing RTLH akan menerima stimulan Rp 8 juta untuk pemugaran.

“Tahun depan ada bantuan 850 unit RTLH dari anggaran provinsi yang  dialokasikan untuk 73 desa masuk zona merah. Masing-masing desa nantinya sekitar 15-20 unit,” terang Herlambang.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge