0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Indonesia Kecolongan Haji Ilegal, DPR Minta Menteri Agama Tegas

merdeka.com
Lukman Hakim Saifuddin (merdeka.com)

Timlo.net – DPR mendesak agar Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin untuk memberikan teguran keras kepada Direktur Jendral Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kamaruddin Amin. Hal ini karena kasus 177 jemaah haji ilegal asal Indonesia yang ditahan di Filipina. Ternyata diberangkatkan PT Aulad Amin, perusahaan perjalanan haji milik adik kandung Kamaruddin Amin.

“Menag harus memberikan teguran keras kepada Dirjen Pendis yang tidak membina keluarganya untuk mengusung dan mengamanahkan kebijakan Kemenag, bahkan mencoreng Kemenag dan bangsa,” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mujahid, Rabu (24/8).

Politikus Gerindra itu berharap Kemenag dan pihak-pihak terkait lainnya memberikan hukuman dan sanksi yang maksimal kepada PT Aulad Amin. Tujuannya yakni agar bisa memberikan efek jera dan kasus serupa tidak terulang kembali.

“Segara proses dan berikan tindakan kepada travel tersebut,” tegasnya.

Selain itu, Sodik juga menilai bahwa kasus ini mencerminkan masih lemahnya pengawasan pemerintah terkait pelaksanaan layanan haji.

Hal semacam ini menurutnya harus diperbaiki, agar bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi setiap calon jemaah haji. Khususnya bagi mereka yang menggunakan jasa travel layanan haji dan umrah.

“Bahwa selama ini masih lemah pengawasan kepada travel-travel nakal, bahkan travel dari kalangan dekat (pejabat Kemenag),” jelas dia.

[sho]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge