0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kisah Inspiratif

Pipit Prasetyawan, Meraup Ribuan Dolar dari Google

dok.timlo.net/agung widodo
Pipit Prasetyawan (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Tidak banyak anak muda yang pandai memanfaatkan kesempatan untuk meraih keuntungan. Salah satunya adalah Pipit Prasetyawan (27), asal Dukuh Mulyorejo, Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Sragen ini. Dia bisa dibilang satu dari puluhan anak muda yang beruntung.

Dengan hanya mengunggah video yang dia rekam sendiri ke akun Youtube, bisa mendatangkan uang lumayan besar. Meski mengaku tidak punya latar belakang IT, Pipit mampu belajar secara otodidak melalui internet dan diskusi dengan orang yang lebih pengalaman.

”Saya sama sekali tak punya dasar IT. Justru dulu sekolah di Mesin, belajarnya di internet dan media sosial secara otodidak,” kata Pipit Prasetyawan, Selasa (23/8).

Pipit mengisahkan, awalnya dia hanya coba-coba dengan mengunggah video ke Youtube pada akhir 2013 lalu. Video pertama yang diupload adalah permainan Game handphone yang dia rekam.

Tak disangka, ternyata usaha tersebut membuahkan hasil. Dia mendapat keuntungan rupiah yang lumayan dari Google setelah dua bulan kemudian.

Kiriman pertama dari Google yang dia dapatkan sebesar $100. Kemudian dia semakin rutin mengirimkan video ke Youtube. Terakhir dirinya mendapat kiriman dari Google sebesar $ 4.000.

Meski demikian dia mengaku butuh kesabaran dan pengalaman agar bisa mendapat untung yang lumayan dari Google. Pasalnya, sering kali akunnya diblokir oleh Youtube di saat pengunjungnya sudah banyak.

Dia menuturkan, awalnya video apa pun diunggah ke Youtube. Namun saat ini dirinya lebih fokus pada video tematik khusus kesenian. Seperti pagelaran campursari, wayang, ludruk dan ketoprak.

”Setiap hari kirim minimal tiga video, dengan durasi lebih dari 5 menit. Kalau panjang bisa dipotong potong,” jelasnya.

Pipit yang pernah belaja di jurusan teknik Mesin SMK Binawiyata Sragen ini sekarang memiliki penghasilan tetap yang diterimanya setiap bulan dari Google Adsence. Dia berharap pengalamannya bisa menginspirasi para pemuda lainnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge