0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kejar Target, Disdukcapil Jemput Bola Rekam Data E-KTP

timlo.net/ichsan rosyid
Warga Solo mendaftar untuk melakukan perekaman data E-KTP di kantor Disdukcapil Solo di kompleks Balaikota (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Solo menyisir ribuan wajib KTP yang belum melakukan perekaman. Penyisiran dilakukan dengan mengerahkan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) ke tempat-tempat strategis, serta jemput bola kelurahan. Perekaman data E-KTP di Solo ditargetkan rampung sebelum tahun 2016 berakhir.

“Pelayanan Adminduk kami keliling ke kelurahan-kelurahan setiap Kamis sore dan ke CFD setiap Minggu pagi,” kata Kepala Disdukcapil Kota Solo, Suwarta, Selasa (23/8).

Untuk mengejar target akhir 2016, Disdukcapil juga jemput bola ke kelurahan-kelurahan. Secara bergiliran, Disdukcapil mengirim alat rekam serta printer E-KTP ke 51 kelurahan setiap Senin sampai Rabu. Dalam satu hari Disdukcapil mengirimkan alat rekam dan printer ke dua kelurahan.

“Kami jemput bola untuk menyisir penduduk yang belum melakukan perekaman,” kata dia.

Tak hanya itu, masyarakat yang hendak melakukan perekaman data E-KTP kini sudah sangat dimudahkan. Perekaman bisa dilakukan di berbagai tempat mulai dari kantor Disdukcapil, kecamatan, kelurahan, hingga di CFD. Untuk membuat E-KTP pun cukup dengan membawa Kartu Keluarga tanpa harus membuat surat pengantar dari RT RW.

“SOP kami, untuk pembuatan E-KTP paling lama tiga hari. Tapi biasanya sehari saja sudah bisa diambil,” kata dia.

Saat ini, perekaman data E-KTP di Solo sudah mencapai 99 persen. Dari 416 Ribu penduduk wajib KTP, hanya sekitar 4.160 saja yang belum terdata di Disdukcapil. Ditargetkan perekaman rampung 100 persen paling lambat bulan Oktober dan pencetakan bisa diselesaikan bulan Desember tahun ini.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge