0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perekaman E-KTP Sudah 99 Persen

Kepala Disdukcapil Kota Solo, Suwarta (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Proses perekaman data E-KTP di Solo sudah 99 persen selesai. Dari 416 Ribu warga wajib KTP di Solo, hanya sekitar 4.160 saja yang belum melakukan perekaman. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menargetkan perekaman dan pencetakan E-KTP bagi wajib KTP rampung sebelum tahun 2016 berakhir.

“Kami harapkan masyarakat turut berpartisipasi agar pencetakan E-KTP tahun ini clear,” kata Kepala Disdukcapil Kota Solo, Suwarta, Selasa (23/8).

Untuk mengejar target tersebut, Disdukcapil Kota Solo menyisir warga wajib KTP yang belum melakukan perekaman. Penyisiran dilakukan dengan menjemput bola ke kelurahan-kelurahan, Car Free Day, dan sekolah-sekolah.

“Makanya, waktu dipanggil ke kelurahan untuk perekaman, kami harapkan masyarakat benar-benar datang supaya tahun ini selesai,” himbaunya.

Ia optimis rekam dan cetak E-KTP rampung sesuai target. Perekaman dijadwalkan selesai paling lambat akhir Oktober sementara pencetakan diperkirakan selesai dua bulan berikutnya yaitu Desember. Selisih waktu diperlukan untuk mengantisipasi keterlambatan pengiriman blangko E-KTP dari pusat.

Sebagaimana terjadi akhir Juli lalu, ribuan orang terpaksa menunggu pencetakan E-KTP mereka sampai bebarapa hari. Padahal biasanya proses pembuatan KTP selesai dalam satu hari. Bahkan sampai wawancara ini dilakukan, Disdukcapil masih menyisakan 2.822 rekaman data siap cetak (print ready record) yang belum tercetak.

“Kemarin saja dalam sehari kita lembur mencetak total 1.353 E-KTP, yang 2.822 kita segera selesaikan dua hari ini,” kata dia.

Sebagai informasi, Kementerian Dalam Negeri menetapkan mulai 30 September mendatang, KTP lama tidak lagi berlaku. Untuk mengurus berbagai keperluan yang membutuhkan KTP, masyarakat harus menggunakan E-KTP.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge