0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas! Populasi Virus Demam Berdarah Meningkat

Nyamuk Aedes Aegypti
ilustrasi ()

Sukoharjo — Perkembangan kasus penyakit Demam Berdarah (DB) hingga akhir Bulan Agustus ini mencapai 326 kasus sejak awal tahun. Angka ini menunjukkan kenaikan hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya dalam periode yang sama 217 kasus, dengan ini masyarakat diminta ekstra waspada.

“Sampai Bulan Agustus ini tercatat ada 326 kasus dengan satu kasus kematian, meningkat cukup drastic dari tahun sebelumnya. Hal ini disebakan adanya siklus lima tahunan dimana masa populasi virus secara epidemologi meningkat,” kata Kepala DKK, Guntur Sibiyantoro, Selasa (23/8).

Dengan kondisi seperti ini, DKK meningkatkan kewaspadaan dan mengupayakan pencegahan sejak dini dari perilaku hidup sehat di masyarakat. Seperti melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara rutin dan membiaskan pola hidup bersih dan sehat.

Meningkatnya populasi virus yang dibawa nyamuk Aides Aigepty ini dikarenakan kepadatan penduduk dan pola hidup tidak bersih. Meskipun dalam insiden rate nasional, masih realtif aman dengan lima kasus dari 10 ribu penduduk, namun DKK bersama Puskesmas gencar mensosialisasikan PSN dan PHBS.

“Kalau angka nasional insiden rate 20 kasus dari 10 ribu penduduk, sedangkan kita masih di bawah aman dengan lima kasus dari 10 ribu penduduk. Namun kita tidak boleh lengah dan harus ekstra waspada,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge