0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Dinilai Tak Serius Tangani Galian C

Galian C di Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen dan dinas lain yang berkaitan dengan tambang dianggap tidak serius menangani masalah galian C. Pasalnya tindak lanjut yang seharusnya sudah ada penutupan galian C yang bermasalah hingga sekarang masih beroperasi.

“Meskipun sudah mengantongi ijin, namun fakta di lapangan mereka melakukan penambangan tidak sesuai dengan prosedur,” kata Ketua LSM Pusaka Nusantara Bumi Sukowati (PNBS), Ujang Nuryanto.

Menurutnya, dalam audiensi dengan sejumlah perwakilan SKPD terkait di kantor DPU Sragen, Senin (22/8) memang tidak menghasilkan keputusan yang signifikan. Pihak DPU menghendaki ada cek lapangan terhadap tambang bermasalah.

Keputusan untuk mengecek lokasi tambang dan kerusakannya dianggap hal yang sia-sia. Pasalnya pihaknya sudah menyampaikan laporan pada 17 Maret dan surat balasan turun 14 April . Dalam surat balasan cukup jelas jika menyalahi aturan dan kegiatan bisa dihentikan sementara dua bulan setelah itu.

Sementara Kepala DPU Sragen Zubaidi berdalih langkah untuk mengecek lokasi dan dampak tambang itu untuk menyelesaikan masalah tersebut secara bertahap.

”Cek lapangan step by step, sesuai proses kita selesaikan tuntas,” kata Zubaidi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge