0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penghematan Kertas Bagian Program Go Green UNS

Prof Dr Okid Parama Astirin MS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sejumlah Perguruan Tinggi melalui SK Rektor telah memberlakukan penghematan kertas. Penghematan itu merupakan bentuk kepedulian Perguruan Tinggi terhadap kondisi hutan yang semakin berkurang sebagai dukungan terhadap Program Pelestarian Lingkungan Hidup.

“Bagi UNS, penghematan kertas sebagai bagian dari Program Go Green,” jelas Kepala Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLP) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Dr Okid Parama Astirin MS kepada wartawan, di Kampus UNS, Solo, Selasa (23/8).

Hal itu, kata Okid, telah tercantum dalam Rencana Strategis Renstra UNS, sedangkan SK Rektor tentang Pengurangan Penggunaan Kertas dan Plastik telah ada sejak tahun 2013.

Penghematan kertas, kata Okid, di antaranya berupa dorongan keharusan pemanfaatan kertas termasuk laporan tugas oleh mahasiswa. Termasuk penggunaan kertas untuk laporan-laporan penelitian, seperti dalam bentuk bolak-balik, spasi dirapatkan. Sehingga penggunaan kertas tidak begitu banya.

Sejauh ini, kata Okid, PPLP telah melakukan sosialisasi hingga tingkat Program Studi, agar saat pembimbingan skripsi mahasiswa menggunakan kertas bekas. Bahkan kebijakan upaya penghematan kertas, juga diterapkan untuk kegiatan lainnya seperti undangan rapat, jadwal kegiatan, dan lainnya, yang diarahkan memanfaatkan Teknologi Informasi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge