0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belasan Penggaduh Sapi Nakal bakal Diperiksa Kejari

Kasie Datun Kejari Wonogiri, Djonni Samsuri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Dalam waktu dekat ini, penggaduh sapi bantuan APBD 2014 bakal diundang Kejari Wonogiri. Pasalnya peternak sapi tersebut diduga mangkir dari kewajibannya.

“Berdasar SKK Bupati nomor 180/4338 tertanggal 30 Juni 2016, Kejari Wonogiri menerima kuasa dari Bupati Wonogiri untuk menangani masalah sapi gaduhan yang saat ini macet. Tapi sebelumnya sudah ada MoU antara Bupati Wonogiri dan Kejari,” ungkap Kajari Wonogiri Tri Ari Mulyanto melalui Kasie Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun), Djonni Samsuri, Selasa (23/8).

Menurutnya, dari SKK Bupati tersebut ada belasan nama penggaduh sapi yang diduga belum menyelesaikan kewajibannya terhadap Pemkab Wonogiri yakni memberikan bagi hasil dari ternak sapi gaduhan sesuai dalam perjanjian awal.

“Ada 12 nama dari tiga kelompok, seperti yang tertulis dalam SKK Bupati,” ujarnya.

Dalam waktu dekat ini, 12 penggaduh sapi tersebut bakal diundang untuk diperiksa terkait kewajiban mereka untuk mengembalikan kewajiban atau bagi hasil terhadap Pemkab Wonogiri sebesar Rp 65.625.000. Namun demikian langkah tersebut merupakan upaya mediasi.

“Kami akan telaah dulu, masih melalui instrumen negosiasi,” katanya.

Selanjutnya, kata Kasie Datun, dalam perjalannanya jika ada temuan di luar Datun, pihaknya masih akan telaah lagi. Yang jelas, Datun hanya menangani permasalahan untuk menagih masalah gaduh sapi.

“Jika ditemukan indikasi lain, ya nantinya kita bisa berikan suport di bagian lain, baik intel atau Pidsus,” jelasnya .

Ditambahkan,dalam surat perjanjian gaduh sapi tersebut tertulis bahwa dalam jangka waktu empat tahun digulirkan penggaduh baru .Kemudian,50 persen untuk peranakan ke dua. Dari hasil penjualan 50 persen hak penggaduh sedang 50 persen lagi hak Pemkab .

“Yang jelas kita melakukan sesuai dengan perintah dan kewenangan seperti apa yang tersurat dalam SKK Bupati itu,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge