0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gara-Gara Posting Fitnah di Facebok, Pria Ini Dapat Uang Rp 1, 1 Milyar

dok.timlo.net/facebook
Facebook (dok.timlo.net/facebook)

Timlo.net—Dengan adanya internet, orang bisa dengan mudah menulis komentar yang kejam atau menjijikkan. Mereka tidak sadar jika komentar seperti itu bisa menghancurkan kehidupan atau karir seseorang secara instan. Hal inilah yang terjadi di Australia di mana seorang pria berusia 74 tahun Kenneth Rothe diberi hadiah Rp 1,5 milyar setelah sebuah komentar fitnah di Facebook merusak karir dan hidupnya.

Pada 2014, seorang pria bernama David Scott menulis komentar terkait dua hotel milik Kenneth yaitu Nirvana Village dan Blue Dolphin Motels di kota Nambucca. David menulis jika keduanya digunakan oleh para pedofil.

“Peringatan pedofil:- Nambucca telah digunakan sebagai sebuah tempat relokasi monster-monster ini-hotel blue dolphin-hotel nirvana dan di atas restoran India!…Perhentian bus berada tepat di depan kedua hotel itu untuk anak-anak kita?” tulisnya di Facebook.

Komentar itu sepertinya tidak benar dan Rothe meminta Scott menarik kembali komentarnya, tapi pria itu menolak permintaan itu. Sebagai akibat dari tuduhan itu, Rothe mengaku jika dia menerima panggilan-panggilan telepon yang mengancam hidupnya dan di satu kesempatan bahkan harus masuk rumah sakit karena diserang. Pada akhirnya dia pindah dari wilayah itu dengan keluarganya dari wilayah itu.

Untungnya keadilan akhirnya tiba saat Hakim Judith Gibson menyimpulkan jika klaim Scott tidak berdasar dan dikarang. Scott diperintahkan hakim membayar Rothe Rp 1,1 milyar. “Anonimitas, keinstanan dan luasnya jangkauan internet dan sosial media membuatnya menjadi alat berbahaya di tangan orang-orang yang melihat dirinya sebagai pahlawan atau whistleblower,” ujar sang hakim.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge