0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Isu Kenaikan Harga Rokok, Menaker : Itu Hoax

merdeka.com
Menteri Tenaga Kerja Muhammad Hanif Dhakiri (merdeka.com)

Timlo.net — Wacana kenaikan harga rokok yang begitu tinggi menimbulkan banyak keresahan sejumlah pihak. Keresahan dirasakan industri rokok, konsumen serta para pekerja karena terancam PHK.

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri mengatakan, masyarakat tidak perlu mendengarkan isu yang berkembang tersebut. Isu itu tidak jelas asal-usulnya, sehingga tidak perlu dipercaya.

“Terkait dengan isu kenaikan harga rokok, sudah dibantah langsung oleh Ibu Menteri Keuangan, dibantah juga oleh Direktorat Bea dan Cukai,” kata Hanif, di Kota Malang, Senin (22/8).

Hanif melanjutkan, dengan mengutip bantahan Direktorat Bea dan Cukai, bahwa ketentuan kenaikan harga jual eceran rokok hingga kini belum ada perubahan. Karena itu, masyarakat diminta tidak perlu terpengaruh isu yang beredar tentang kenaikan rokok.

“Masyarakat enggak perlu menganggap itu. Itu bisa dianggap berita hoax,” tegasnya.

Tidak hanya industri rokok, jika pasar menaikkan harga jual produknya, dipastikan akan berpengaruh. Bahkan bisa multiple efek yang mempengaruhi tenaga kerja, bahan baku dan industrinya.

“Pemerintah berkepentingan menjaga agar tidak terjadi PHK, justru diharapkan penyerapan tenaga kerjanya akan semakin tinggi,” jelasnya.

Pihaknya merasa tidak perlu untuk menanggapi isu kenaikan harga rokoknya. Justru masih banyak persoalan-persoalan di sekitar urusan ketenagakerjaan

[sho]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge