0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kementerian Pertanian Cek Lima Tanggul Jebol

timlo.net/putra kurniawan
Petugas dari Kementerian Pertanian dan anggota Kodim tinjau tanggul jebol (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Petugas dari Kementerian Pertanian melakukan mengecek lokasi di lima titik tanggul yang jebol diterjang banjir beberapa waktu lalu. Diharapkan perbaikan di lima titik tersebut dapat direalisasikan oleh Kementerian Pertanian agar produksi padi petani bisa maksimal.

“Kami akan melakukan pemberkasan dan melaporkan hasil survei kami ke pimpinan terlebih dahulu. Dan semua temuan di lapangan kita sampikan namun mana yang disetujui, kami belum bisa menentukan,” kata Staf Kementerian Pertanian, Fitra, Senin (22/8).

Proses perbaikan masih menunggu hasil rapat di Kementerian Pertanian, termasuk apakah semua bisa direalisasikan atau hanya beberapa titik saja. namun petani sangat berharap perbaikan bisa dilakukan agar tidak sampai terjadi kekeringan yang dapat mengakibatkan gagal panen.

Kelima titik tanggul yang jebol tersebut adalah, Tanggul di Sungai Ngreco, Tanggul Sungai Grogol di Kecamatan Weru. Selain itu, pintu air Desa Tanjung, Nguter, saluran irigasi di Desa Gentan, Bendosari dan saluran irigasi di Desa Dukuh, Mojolaban.

“Kami dari petani berharap bisa diperbaiki tanggulnya dan air bisa mengalir dengan lancar, sehingga hasil panen bisa maksimal. Karena kalau tidak segera diperbaiki, pada musim kemarau seperti ini air nyaris tidak ada,” kata salah satu petani, Painem, Senin (22/8).

Sebelumnya Kodim 0726 bersama mahasiswa melakukan penghitungan dan karya bakti untuk memperbaiki tanggul sementara. Selain itu, juga diajukan kepada Kementerian Pertanian untuk perbaikan sejumlah tanggul yang jebol agar bisa dibangun permanen.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge