0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembangunan Berbasis Aspirasi Bakal Dihapus

dok.timlo.net/tarmuji
Bupati Wonogiri Joko Sutopo (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Biasanya pembangunan infrastruktur di Wonogiri mengedepankan aspirasi dari anggota dewan. Namun kini strategi tersebut dihapus dan diganti dengan strategi baru.

“Kenapa kita saat ini menggunakan strategi baru berbasis kajian tehnis, karena kondisi infrastruktur jalan di Wonogiri kondisinya memprihatinkan. Atas kondisi seperti itu, maka pertanggungjawaban anggaran harus mempunyai metodologi dan strategi baru. Kalau berbasis aspirasi jadi tidak terukur,” ungkap Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Senin(22/8).

Strategi pembangunan berbasis kajian tehnis ini, kata Bupati, sudah terkonsep dengan baik. Bahkan, di SKPD (satuan kerja perangkat daerah) sudah menyiapkan data-data kondisi jalan di seluruh wilayah Kabupaten Wonogiri komplit dengan kualifikasinya, yang ditandai dengan kode merah dan kuning.

“Penganggaran infrastruktrur jalan, tentunya akan kami alokasikan terlebih dahulu kepada jalan yang masuk klasifikasi merah, atau kondisi sangat rusak. Dengan begitu, indikatornya akan sangat terukur, panduannya sangat jelas dan hasilnya juga sangat bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Disebutkan, nantinya aspirasi dewan tidak akan terabaikan. Pasalnya, di dalamnya sistem itu, masih ada aspirasi berbasis data. Tidak berbasis kepada ego sektoral dan ego personal.

“Dan saya meyakini teman-teman di dewan memberikan apresiasi yang luar biasa, terbukti dalam pembahasan di legislatif berjalan dengan baik, program-program yang kami siapakan disepakati dengan baik dan itulah wujud komitmen sinergisitas, sebagai prasarat mewujudkan pembangunan seperti yang diharapkan masyarakat.’’ jelasnya .

Ketua DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno menyambut baik strategi yang dilakukan Bupati Wonogiri. Sebab meski ada perubahan strategi pembangunan, ruang aspirasi tidak terabaikan dan secara prinsip masih ada sesuai dengan regulasi.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge