0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kunjungi Omah Wayang, Kepala Basarnas Ngajar Pedalangan

foto: Aditya
Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo (foto: Aditya)

Klaten – Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo mengunjungi Omah Wayang Klaten, Senin (22/8). Ia memberikan motivasi dan inspirasi kepada belasan murid pedalangan setempat.

“Hidup kita kedepan yang paling menentukan diri kita sendiri. Bukan karena asalnya dari mana. Maka pikirkan ke depan kamu mau jadi apa? apakah jadi dalang atau yang lain,” ujar FH Bambang Soelistyo.

Jenderal bintang tiga ini tiba di rumah seni yang terletak di Desa Danguran, Kecamatan Klaten Selatan sekitar pukul 15.50 WIB. Begitu tiba, Bambang yang juga sering mendalang ini melihat hasil karya wayang tatah yang dipamerkan.

Dihadapan para siswa, ia bercerita, di rumahnya di Yogyakarta memiliki sanggar seni dan sejumlah perangkat gamelan. Disela-sela tugasnya sebagai militer dan kemanusiaan sebagai Kepala Basarnas, dia sering memainkan wayang untuk menyampaikan pesan potensi kebencanaan.

“Saya nyaman ketika mendengarkan gamelan karena sejak kecil Eyang saya sebagai petani sering nanggap wayang. Tapi saya dalang palsu, karena enggak pernah sekolah dalang. Namun lewat mendalang, saya bisa kumpul dengan para penggemar wayang, seniman untuk menyelipkan kegiatan Basarnas,” kata Marsekal Bambang.

Pada akhir kelas inspirasi, dia berpesan, kalau serius mendalang, jadilah dalang yang hebat. Jangan sekadar laris mendalang.

“Jika serius, jadilah dalang hebat, bukan sekedar laku. Ngudar piwulang, kalau hebat uang akan mengalir sendiri. Karena derajatnya sama dengan para politikus, jenderal, bupati, maupun gubernur,” pesan dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge