0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Semua Galian C di Sragen Dinilai Salahi Aturan

Galian C di Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – LSM Pusaka Nusantara Bumi Sukowati (PNBS) menilai semua proses galian C yang ada di Sragen dianggap ilegal lantaran tidak sesuai prosedur. Bahkan sebanyak 52  pengusaha tambang yang ada termasuk ilegal.

”Baik yang sudah mengantongi ijin atau pun belum, mereka secara teknis tidak benar. Mereka pantas dikatakan illegal,” kata Ketua PNBS Ujang Nuriyanto, di Sragen, Senin (22/8).

Dia mengungkapkan, dari data yang dihimpun di lapangan, ada 52 galian C yang tidak berijin dan justru sama sekali tidak memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan di Sragen. Bahkan kerusakan jalan dan debu diacuhkan oleh pengusaha tambang tersebut.

Selain itu, pihaknya juga melihat, ada ketidakberesan terkait pengajuan ijin tambang ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. Dinas terkait selalu berlindung tidak bisa menindak praktik galian C, dengan dalih kewenangan perizinan ada di Pemprov Jawa Tengah. Padahal, untuk mengurus izin galian C, harus mendapat rekomendasi dari bupati lebih dulu.

”Kami curiga rekomendasi ini tidak dimintakan persetujuan ke bupati, namun cukup ditandatangani salah satu oknum pejabat saja,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge