0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPR Tawarkan Opsi untuk Mempercepat Daftar Tunggu Haji

timlo.net/nanin
Komisi VIII DPR RI melepas Kloter 24 Calhaj di Asrama Haji Donohudan (timlo.net/nanin)

Boyolali — Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pesimis jadwal daftar tunggu jamaah haji Indonesia bisa dipercepat oleh Pemerintah Arab Saudi. Pasalnya, selain kuota yang terbatas, beberapa fasilitas di Tanah Suci sampai saat ini masih terus diperbaiki.

“Kita sudah mendesak pemerintah untuk dapat melobi Pemerintah Arab Saudi. Karena jika pendekatanya seperti yang dilakukan sekarang tentu sulit bisa mempercepat atau merubah jadwal tunggu jamaah haji Indonesia,” ujar anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi PKB, Maman Imanul H kepada wartawan, di Boyolali, Senin (22/8).

Dikatakan, untuk dapat mempercepat daftar tunggu jamaah haji Indonesia, ada beberapa opsi yang bisa dilakukan pemerintah. Di antaranya adalah mengubah sistem yang saat ini diterapkan, yaitu dari kuota menjadi undian pertahun atau sistem qurah seperti yang dilakukan oleh Iran.

“Tapi jika lobi dan penawaran sistem baru tetap tidak bisa mengubah kondisi, tentu kita juga pesimis tahun depan bisa lebih baik atau mempercepat jadwal tunggu yang sekarang dianggap terlalu lama,” jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya berharap agar pemerintah bisa mencoba beberapa opsi pilihan tersebut. Terlebih Indonesia memiliki nilai tawar, dengan mayoritas umat Islam terbesar di dunia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge