0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mengupil Tidak Hanya Menjijikkan Tapi Berbahaya

Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk
Mengupil. (Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk)

Timlo.net—Mengupil adalah salah kebiasaan yang umumnya dianggap orang menjijikkan. Saat kita masih anak-anak, orang tua kita mungkin akan memukul tangan kita jika kita kedapatan mengupil. Tapi saat kita dewasa, biasanya kita mulai pandai memilih waktu untuk mengupil saat tidak ada orang. Tidak ada angka resmi berapa banyak orang dewasa yang mengupil diam-diam, tapi diperkirakan ada sekitar 99 persen orang dewasa melakukannya.

Selain menjijikkan, apakah kebiasaan mengupil ini buruk bagi kita? Menurut Dr. Erich Voight jawabannya tidak hanya buruk tapi berbahaya. Kepada Business Insider, Dr. Erich menjelaskan tentang bagaimana kuman Staphylococcus aureus masuk ke dalam hidung. Mengupil juga bisa menyebabkan luka lecet di bagian dalam hidung.

Tergantung di mana kita berada dan apa yang sebelumnya kita sentuh sebelum mengupil, perilaku ini bisa membawa hal-hal menjijikkan dan tidak sehat masuk ke dalam tubuh. Dr. Erich juga menjelaskan jika anak-anak dikenal suka mengupil hingga hidung mereka berdarah.

“Suplai darah ke hidung sangat kuat—ada lima arteri yang ada di depan hidung (kiesselbach’s plexus). Saat sebuah lecet muncul, maka bisa terjadi pendarahan hebat, anak-anak bisa mengalami mimisan karena mengupil,” terang sang dokter.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge