0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kredit Kendaraan Bermotor Menurun, Ini Penyebabnya

Dok. Timlo.net/Andi Penowo
Ilustrasi (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Realisasi kredit kendaraan bermotor (KKB) pada semester pertama 2016 terjadi penurunan. Kondisi itu dipengaruhi oleh daya beli masyarakat yang turun, akibat dari lesunya ekonomi global dan nasional.

“Selain karena factkr kondisi ekonomi makro, lesunya permintaan kredit kendaraan bermotor juga dipengaruhi dengan masa ajaran baru anak sekolah dan lebaran. Sehingga kebanyakan masyarakat lebih memilih untuk memfokuskan kebutuhan primer daripada yang lain,” ujar Ketua Masyarakat Otomotif Surakarta (Most) Ibnu M Sahur kepada wartawan, Minggu (21/8).

Dirinya juga mengaku, cukup pesimis terhadap permintaan kredit motor pada semester kedua. Pasalnya sampai dengan saat ini, kondisi ekonomi nasional belum menunjukan perubahan yang signifikan.

“Kalaupun ada peningkatan paling tidak seberapa, karena kondisi ekonomi  sekarang yang tidak memungkinan. Menyiasati kondisi itu, banyak ATPM yang lebih memilih menghabiskan stok barang,” jelasnya.

Sementara itu, dari data yang dihimpun melalui Bank Indonesia, nilai kredit kendaraan bermotor pada semester pertama 2016 hanya mencapai Rp 260,012 miliar. Atau terjadi penurunan 0,16 persen dibanding periode tahun sebelumnya yang mencapai Rp 260,311 miliar.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge