0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tim Mahasiswa FP UNS Raih Medali Perak Pimnas

Sarah Nur Adilla (tengah), Nadia Wohon (paling kiri) dan Rosita Budi Agustiani (paling kanan) sedang berfoto dengan poster hasil karyanya. (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Tim mahasiswa dari Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menyabet medali perak di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) tahun 2016, kategori poster pada Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKMPE). Pimnas digelar di IPB pada 8 hingga 11 Agustus 2016 lalu.

“Kami mengambil judul Aplikasi Bakteriosin dari Lactococcus Lactis Subsp. Lactis sebagai Alternatif Pengawetan Fillet Ikan Patin Selama Penyimpanan Dingin,” jelas Ketua Tim Mahasiswa FP UNS, Sarah Nur Adilla kepada wartawan, di Kantor Humas UNS, Solo, kemarin.

Tim mahasiswa FP UNS terdiri dari tiga mahasiswa, yaitu Sarah Nur Adilla, Nadia Wohon dan Rosita Budi Agustiani.

Dijelaskan, dengan PKMPE yang dikirimkan ke Kemenristek Dikti pada bulan September 2015, akhirnya pada bulan Februari 2016, timnya mendapatkan dana untuk melakukan penelitian terkait judul PKMPE nya yaitu Aplikasi Bakteriosin dari Lactococcus Lactis Subsp. “Alhamdulillah bisa mendapatkan dana untuk menelitian sebesar Rp 7,5 juta,” ujarnya.

Dana penelitian yang mengucur dari Kemenristek Dikti tersebut, menurut Sarah bersama tim kemudian melakukan penelitian dan berhasil menciptakan pengawet untuk Fillet ikan patin dengan umur simpan di suhu dingin bisa mencapai 12 hari. “Pengawet yang dihasilkan timnya adalah alami dan tidak memiliki efek samping,” jelasnya.

Menurut Sarah, selama ini belum ada bahan pengawet alami yang digunakan untuk mengawetkan fillet ikan patin. Karena itu diperlukan tambahan bahan untuk memperpanjang umur simpan fillet ikan patin. Salah satu pengawet alami dapat dihasilkan dari mikroba (bakteriosin). Termasuk digunakan nisin dari Lactococcus Lactis Sups Lactis.

Dalam Pimnas tersebut, semua peserta wajib membuat poster untuk kemudian dipamerkan beserta dengan hasilnya. Poster milik Sarah bersama timnya ini berhasil mendapatkan perak untuk kategori Poster PKMPE tersebut.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge