0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas! Bahaya Kebakaran Masih Mengancam

merdeka.com
ilustrasi kebakaran hutan (merdeka.com)

Sukoharjo – Musibah kebakaran masih menjadi ancaman bagi warga di Sukoharjo dan sekitarnya pada saat musim kemarau seperti sekrang ini. Hal ini disampaikan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan menetapkan bulan ini sebagai siaga kebakaran.

“Memang masih ada potensi hujan dan sempat beberapa kali hujan terjadi cukup deras, namun siaga kebakaran masih kita berlakukan karena saat ini memang dalam masa puncak musim kemarau. Saya himbau masyarakat berhati-hati dan waspada,” kata Kepala BPBD, Suprapto, Minggu (21/8).

Tahun ini, jumlah kebakaran yang ditangani BPBD Sukoharjo mencapai 150 kejadian di seluruh wilayah Kota Makmur dan daerah perbatasan. Angka ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya dalam kurun waktu yang sama, sehingga kewaspadaan terus ditingkatkan.

Seluruh kecamatan menjadi berpotensi sebagai daerah rawan kebakaran, baik dalam pemukiman maupun lahan dan pekarangan. Pada musim kemarau ini, dihimbau agar warga tidak melakukan aktifitas membakar sampah sembarangan dan jangan sampai dibiarkan begitu saja.

“Musim kemarau seperti ini banyak faktor yang menjadi penyebab kebakaran, seperti membakar sampah sembarangan, gesekan kayu dan ranting kering dan human error lainnya. Jadi kami tetap menghimbau masyarakat harus waspada dan berhati-hati,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge