0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Galang Kemanusiaan Melalui Boneka Marionete

timlo.net/achmad khalik
Aksi menggalang kemanusiaan dengan menggunakan boneka marionete di gelaran CFD Jalan Slamet Riyadi Solo (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Menggunakan media Boneka Marionet, sejumlah pemuda menggalang aksi kemanusian di gelaran car free day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (21/8) pagi. Boneka marionet yang memiliki nama Bowo dan Sastro ini bergerak meliuk-liuk menghampiri para pengunjung CFD. Para pengunju CFD juga merasa penasaran dengan boneka yang digerakkan menggunakan senar itu dapat bergerak secara lincah layaknya manusia pada umumnya.

Terkadang, kedua boneka ini menampilkan tingkah lucu. Dengan memakai pakaian layaknya seorang gelandangan, boneka ini menggambarkan betapa kasihannya orang yang tidak punya tempat tinggal. Mereka tidur, juga disembarang tempat. Bahkan, saat makan juga dari sisa orang yang ditemukan ditempat sampah.

“Terus terang kami prihatin dengan orang-orang terpinggirkan. Maka dari itu, dengan media boneka Marionet ini kami ingin menggugah hati nurani masyarakat untuk menyisihkan sedikit uang bagi mereka,” terang pemain boneka Marionet, Gagarizky.

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UNS ini mengaku, aksi kepedulian yang digagas bukan dilakukan di Solo saja. Melainkan, di sejumlah kota seperti Surabaya, Malang, Yogjakarta, Tuban dan masih banyak yang lain.

Dirinya berharap, makin banyak masyarakat yang tergugah hatinya untuk membantu sesama.

“Bentuknya gak mesti materi, bisa apa saja selama bisa membantu. Maka dari itu, melalui aksi yang kami buat semoga makin banyak masyarakat yang terketuk hatinya untuk membantu sesama di jaman yang mulai mementingkan diri sendiri ini,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge