0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Efisiensi Waktu, Ratusan SD Terapkan Penilaian Rapor Komputerisasi

timlo.net/agung widodo
Kegiatan belajar di salah satu sekolah dasar (timlo.net/agung widodo)

Klaten — Ratusan Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Klaten bakal menerapkan penilaian rapor anak didik dengan sistem aplikasi. Hal itu sebagai implementasi kebijakan kurikulum 2013.

“Sistem aplikasi ini dapat mempersingkat waktu pengerjaan guru untuk memberikan rapor siswa dari yang sebelumnya secara manual atau tulisan tangan menjadi komputerisasi,” ujar Kepala Seksi (Kasi) TK dan SD Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Suroyo, Jumat (19/8).

Dikatakan, sudah ada 13 SD yang menerapkan penilaian rapor menggunakan sistem aplikasi secara keseluruhan dari kelas 1 hingga 6. Namun tahun ini ada tambahan 132 SD yang mengikuti pelatihan menggunakan sistem tersebut. Ditargetkan, tahun ajaran 2019/2020 seluruh SD di Klaten sudah menerapkan aplikasi tersebut.

“Sebenarnya dari 800 SD di Klaten kami mengajukan 272 SD untuk mendapatkan pelatihan aplikasi ini. Tetapi hanya memperoleh kuota 132 SD saja. Maka kami hanya mengadakan pelatihan bagi guru-guru pengajar kelas I hingga 4 dari 145 SD tersebut,” kata Suroyo.

Selain efisiensi waktu, lanjut dia, keuntungan penggunaan aplikasi  membuat setiap pemberian nilai dapat memunculkan deskripsi secara otomatis.

“Kalau nanti siswa mendapatkan nilai antara 7-8, di aplikasi dan deskripsinya seperti apa sudah muncul. Lain dengan manual, dalam waktu satu hari guru akan lelah menulis,” tambahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge