0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tentang E-Warong, Walikota: Rakyat Jangan untuk Percobaan

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (timlo.net/heru murdhani)

Solo — Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo meminta pemerintah pusat konsisten menjalankan program E-Warong Kube PKH (Kelompok Usaha Bersama – Program Keluarga Harapan). Program yang digawangi Kementerian Sosial itu diharapkan berlanjut hingga manfaatnya benar benar dirasakan masyarakat.

“Ini tepatnya jangan uji coba. Tapi launching. Rakyat nggak boleh untuk percobaan,” kata dia dalam sambutannya pada acara peluncuran E-Warong Kube PKH, Jumat (19/8).

Ia mengingatkan selayaknya program pemerintah dapat terus berlangsung secara berkelanjutan. Selama ini seringkali program pemerintah berganti seiring pergantian menteri.

Pada kesempatan tersebut, Rudy juga menyampaikan dukungannya terhadap program tersebut. Menurutnya, E-Warong Kube PKH sejalan dengan kebijakan Pemkot Solo dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Solo.

“Kita punya semboyan 3WMP. Waras, wasis, wareg, mapan, papan. Saya rasa ini sudah sejalan,” kata dia.

Menanggapi hal itu, Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa menegaskan menjamin program tersebut akan terus berlanjut. Pasalnya, E-Warong Kube PKH merupakan tindak lanjut dari arahan presiden joko widodo agar semua bantuan sosial disalurkan dalam bentuk non tunai.

Sementara ini, baru dua macam bantuan yang tersalurkan melalui program tersebut yaitu PKH dan Rastra (Beras Sejahtera). Ke depan, semua bantuan akan disalurkan melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dapat digunakan untuk mengambil bantuan sosial melalui mesin ATM atau langsung dibelanjakan ke E-Warong.

“Tahun depan akan kita targetkan ada 3.000 E-Warong di seluruh Indonesia,” kata Khofifah.

E-warong sendiri mulai dikembangkan sejak Juni lalu diawali dari Malang, Jawa Timur kemudian dilanjutkan ke Sidoharjo, Mojokerto, Makassar, Padang, Surabaya, dan Jakarta. Kota Solo merupakan yang kota ke delapan yang mengaplikasikan program tersebut dilanjutkan Boyolali, Semarang serta kota kota lainnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge