0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Kemanusiaan Sedunia Dideklarasikan

timlo.net/nanin
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memukul kentongan sebagai tanda deklarasi peringatan Hari Kemanusiaan Sedunia di Boyolali (timlo.net/nanin)

Boyolali — Hari Kemanusiaan Sedunia dideklarasikan di Boyolali untuk pertama kalinya. Deklarasi ditandai dengan penandatanganan pernyataan sikap dan pemukulan kentongan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Boyolali, Seno Samudro.

“Kita harapkan ini menjadi kebangkitan revolusi mental demi kemanusiaan,” kata Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, Jumat (19/8).

Dijelaskan Khofifah, Hari Kemanusiaan sedunia pertama kali ditetapkan PBB pada tanggal 19 Agustus, namun  di Indonesia, baru tahun ini dideklarasikan. Dipilihnya tanggal 19 Agustus, menandai hari terjadinya pengeboman di kantor pusat PBB di Baghdad yang menewaskan 22 orang.

Peringatan Hari Kemanusiaan Sedunia dilakukan selain untuk memperingati mereka yang kehilangan nyawa dalam melakukan upaya kemanusiaan, juga untuk membangun kesadaran publik mengenai urusan kemanusiaan serta upaya kemanusiaan yang dapat dilakukan mereka.

“Penguatan kesiapsiagaan untuk respons bencana adalah prioritas,” ujar Khofifah di hadapan Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Kementerian Sosial sendiri selama ini selalu memberikan pelatihan bagi Tagana. Termasuk kesiapan dan antisipasi sejak dini seorang Tagana dalam menghadapi bencana. Sebagai anggota Tagana, memiliki pemahaman tentang penanggulangan bencana agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.

“Tagana harus siap berada di lokasi bencana,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge