0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mensos Luncurkan E-Warong di Solo

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa dan Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyerahkan kartu Keluarga Sejahtera secara simbolis kepada anggota PKH Jumat (19/8) (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Program E-Warong (warung gotong royong) Kube PKH (Kelompok Usaha Bersama – Program Keluarga Harapan) resmi diluncurkan di Jalan Angkasa, Gulon, Jebres oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Jumat (19/8). Dalam acara peresmian tersebut, Mensos menjelaskan cara bertransaksi menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Semua bentuk bantuan sosial dari Pemerintah Pusat nantinya akan disalurkan melalui kartu tersebut.

“Saya bawa dua kartu, depannya sama tapi belakangnya beda. Yang satu untuk nerima bantuan Rastra (Beras Sejahtera) satunya lagi untuk bantuan PKH (Program Keluarga Harapan),” kata dia dalam sambutannya.

Anggota PKH bisa menggunakan KKS layaknya menggunakan kartu debit atau ATM untuk berbelanja. Selain itu, mereka bisa mengambil bantuan dalam bentuk uang tunai di mesin-mesin ATM bank milik pemerintah atau E-Warong Kube PKH. Sedangkan penerima Rastra hanya dapat menggunakan kartu itu untuk membeli beras, minyak goreng, gula dan tepung di E-Warong Kube PKH.

Warung yang dimaksud adalah warung yang dikelola oleh kelompok-kelompok PKH. Saat ini di Solo baru ada satu unit di Gulon. Setiap warung ditargetkan bisa melayani minimal 1.000 pemegang kartu. Rencananya jumlah warung akan terus ditambah hingga 30 unit untuk wilayah Solo.

Dirjen penanganan fakir miskin, Andi Zainal Dulung menerangkan program E-Warong merupakan salah satu upaya Pemerintah meningkatkan taraf anggota PKH yang selama ini hanya menerima bantuan saja sekarang menjadi pengelola. Dengan demikian diharapkan perekonomian mereka bisa terangkat seiring berkembangnya program E-Warong.

“Jadi program ini untuk mereka dan oleh mereka,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge