0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Megawati Dapat Penghargaan dari Pramuka

dok.merdeka.com
Megawati Soekarnoputri (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Mantan Presiden RI, Megawati Soekarnoputri, mendapat penghargaan Tunas Kencana dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka. Megawati dianggap berjasa merevitalisasi Gerakan Pramuka.

“Ketika orang sudah mau meninggalkan Pramuka karena dianggap Pramuka jadul, Pramuka tidak sesuai lagi dengan zamannya, ada pemimpin, Presiden yang mendorong untuk terus Gerakan Pramuka dikembangkan, peralihan itu di era beliau. Dibentuk Pokja antar instansi sehingga marwah Pramuka muncul lagi,” kata Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault, Jumat (19/8).

Konferensi pers penghargaan lencana Tunas Kencana dihadiri Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, Ketua Fraksi PDIP Utut Adiyanto, dan Anggota Komisi IV dari Fraksi PDIP, Sudin.

“Kami setelah menerima input dari kwadra-kwarda (Kwartir Daerah) semua 34 kwarda. Yang pernah diberikan lencana tertinggi Tunas Kencana, tidak diberikan ke sembarang orang. Dulu Presiden Soeharto, sekarang kami berikan kepada Ibu Mega,” ujarnya.

Adyaksa memaparkan, jasa Megawati dalam merevitalisasi Gerakan Pramuka dilihat dari sepanjang sejarah yakni sejak remaja, kemudian saat menjadi Presiden, dan juga setelah tak lagi menjabat Presiden.

Saat menjadi Presiden, jelas dia, Megawati tidak pernah absen hadir upacara Hari Kelahiran Pancasila yakni pada tahun 2001, 2002, 2003, dan 2004. Bahkan, saat itu Megawati menginstruksikan langsung pada fraksi di DPR mengawal UU Gerakan Pramuka sebagai landasan Pramuka sekarang ini, yakni UU No 12/2010.

“Beliau juga ketika menjadi Presiden, membentuk MoU antar kementerian, untuk menyukseskan Gerakan Pramuka, yang menjadi cikal bakal proses revitalisasi pramuka. Itu dilakukan di zaman Ibu Megawati,” ujarnya.

Melihat jasa-jasa itu, dalam rapat kwarda-kwarda memutuskan tahun ini penghargaan tertinggi diberikan kepada Megawati Soekarnoputri.

“Karena cikal bakal dari revitalisasi ada ketika beliau menjadi Presiden, walaupun singkat masa kepemimpinan beliau, tapi banyak yang dilakukan untuk Pramuka. Begitu ada UU kepramukaan, partai-partai melebur kembali masuk ke pramuka, ormas-ormas seperti NU, kami lagi mengajak Muhammadiyah bergabung ke Pramuka,” jelasnya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang datang ditugaskan langsung oleh Megawati mengatakan, dalam keseluruhan kesejarahan Megawati memang menaruh perhatian kepada Pramuka.

“Karena sejak kecil Ibu Mega oleh Bung Karno diminta bergabung dalam panduan saat itu, sebagai upaya untuk membangun rasa cinta patriotisme, cinta tanah air,” kata Hasto.

[eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge