0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Di Jalan Ini, Sebulan Terjadi 12 Kecelakaan, Dua Tewas

dok.timlo.net/achmad khalik
Jalan Adi Sucipto Solo rawan kecelakaan (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Kawasan Jalan Adi Sucipto, tepatnya di depan Fave Hotel, mendapat perhatian khusus dari Satlantas Polresta Solo. Pasalnya, kawasan tersebut rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Di bulan ini saja sudah tercatat sebanyak 12 kali kecelakaan,” terang Kasat Lantas Polresta Solo Kompol Prayudha Widiatmoko, Jumat (19/8).

Berdasarkan data tercatat, dua korban tewas di kawasan Jalan Adi Sucipto. Sedang sisanya, merupakan kecelakaan ringan. Dari data tersebut, Satlantas Polresta Solo juga mengkategorikan kawasan Jalan Adi Sucipto tersebut sebagai kawasan blackspot selain kawasan Jl A Yani dan Jl Slamet Riyadi.

“Tapi, bobot utama titik blackspot berada di Jl A Yani disususl Jl Slamet Riyadi baru Jl Adi Sucipto,” jelasnya.

Masuknya kawasan Jl Adi Sucipto sebagai titik blackspot, menurut Kasat, lantaran jalan tersebut lurus tanpa halangan. Sehingga, pengendara kendaraan cenderung memacu kencang tunggangan mereka.

Di sisi lain, banyaknya jalan kampung atau gang, mengakibatkan kendaraan kerapkali keluar masuk. Alhasil, kendaraan yang melaju juga sering mengurangi kecepatan mereka. Jika tidak hati-hati, pengendara kendaraan yang ada dibelakannya akan menabrak mobil atau motor didepannya lantaran tidak siap mengantisipasi.

“Kasus yang terjadi di kawasan Jl Adi Sucipto adalah mengerem mendadak. Lalu, kendaraan yang ada di belakang menabrak kendaraan di depaannya. Tapi, meski kecelakaan di sana tercatat tinggi namun untuk korban jiwanya rendah. Masih kalah dengan Jl A Yani maupun Jl Slamet Riyadi,” jelas Kasat.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat supaya tidak memacu kendaraan terlalu kencang meski di jalan sepi. Disamping itu juga, sikap saling menghargai sesama pengguna jalan juga menjadi faktor penting untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge