0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Koki Internasional Olah Kelebihan Makanan Olimpiade Untuk Orang Miskin

Dok: Timlo.net/ Independent.co.uk
ReffettoRio Gastromotiva. (Dok: Timlo.net/ Independent.co.uk)

Timlo.net—Sekelompok koki internasional memprakarsai sebuah usaha untuk mengatasi masalah kelaparan yang dialami Rio de Janeiro, Brazil dengan memasak kelebihan makanan yang disumbangkan dari the Olympic Village dan memberikannya kepada para warga miskin di kota itu.

Olimpiade ke-31 yang digelar di kota Rio de Janeiro, Brazil itu menuai kritik karena negara itu sedang mengalami krisis ekonomi besar-besaran. Akan tetapi perusahaan katering yang dipekerjakan the Olympic Village berusaha membantu masalah kelaparan yang melanda negara itu.

Diprakarsai oleh koki Massimo Bottura dari Italia, David Hertz dari Brazil, kelompok yang menamai diri ReffettoRio Gastromotiva ini berusaha menyediakan 5000 makanan per hari menggunakan bahan-bahan yang tadinya akan dibuang.

“RefettoRio Gastromotiva hanya memakai bahan-bahan yang akan dibuang..seperti buah dan sayuran yang buruk atau yogurt yang akan dibuang dua hari lagi jika Anda tidak membelinya,” kata Hertz kepada Reuters.

“Kami ingin melawan kelaparan dan menyediakan akses ke makanan-makanan yang baik,” tambahnya.

Gastromotiva akan terus melakukan kegiatan selama Olimpiade dan Palaympic Games. Setelah itu mereka akan berfungsi sebagai bisnis sosial. Bisnis itu akan menyediakan pelatihan profesi untuk pekerja profesional restoran termasuk koki, pemanggang, dan pelayan.

Bottura memiliki ide mendirikan Gastromotiva ini terinspirasi dari inisiatif yang didirikan tahun 2015, Refetterio Ambrosiano. Inisiatif itu menyatukan 65 koki untuk memasak makanan dari bahan-bahan yang disumbangkan oleh Milan World Expo.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge