0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penerima Program Beras Sejahtera Akan Dibekali Kartu Elektronik

Beras Bulog
Beras Bulog ()

Solo – Pemerintah akan menggunakan sistem baru yaitu, e-Warung, untuk memudahkan penyaluran bantuan beras kepada warga kurang mampu. Dengan system tersebut, masyarakat penerima bantuan bisa langsung menggesek dengan menggunakan kartu saat pengambilan beras.

“Jadi setiap warga penerima program beras sejahtera atau yang dulu disebut raskin itu, nantinya akan dibekali kartu. Dimana dengan kartu tersebut masyarakat tinggal langsung menggesek, saat akan mengambil bantuan beras,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Solo, Sumartono Kardjo kepada wartawan, Kamis (18/8).

Sebagai pilot project dari program pemerintah yang baru tersebut, dirinya mengatakan Solo dipilih sebagai salah satu kota percontohan. Kendati demikian, masih banyak persoalan data penerima yang perlu dimutakhirkan.

“Karena mekanisme penerima bantuan itu, basis datanya akan mengacu pada peserta BPJS yang bebas iuran. Sementara data sampai saat ini masih terus diperbaiki, oleh karena itu kita sampai saat ini kita masih terus berupaya agar program ini bisa tepat sasaran,” jelasnya.

Kebijakan baru, program rastra (beras sejahtera) yang digulirkan oleh pemerintah pusat itu, menurutnya dalam implementasinya di daerah akan melibatkan tiga instansi. Untuk data penerima bantuan berasal dari Dinsosnakertrans, penyedia logistik dari Bulog dan penyedia sistem e-warung dari BNI.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge