0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tingalan Wiyosan Dalem Mangkunegara IX Undang Tamu dari Luar

timlo.net/achmad khalik
Acara potong tumpeng dan kue tart pada hajat tingalan wiyosan dalem Sinuhun Ingkang Jumeneng (SIJ) Mangkunagara IX dan GKP Mangkunegoro IX (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Hajat tingalan wiyosan dalem Sinuhun Ingkang Jumeneng (SIJ) Mangkunagara IX dan GKP Mangkunegoro IX beserta putra-putri dalem di Pendopo Agung Pura Mangkunegeran Solo pada Kamis (18/8) berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, sejumlah tamu undangan dari luar Pura Mangkunegara turut diundang.

“Biasanya diikuti kalangan dalam saja. Tapi, untuk tahun ini berbeda dengan mengundang sejumlah tamu dari luar Pura,” terang Plt Pengageng Langen Projo Departemen Kesenian Mangkunegaran, MNg Supriyono Waluyo.

IMG_1309

Pantauan Timlo.net, sejumlah tari tradisi disajikan dari sejumlah sanggar tari untuk menghibur para tamu. Diantaranya, Kemantren Langenpraja, Kinarya Suryasumirat, Sanggar Tari Suryasumirat dan Akademi Seni Mangkunegaran. Sedangkan, hajat tingalan wiyosan dalem dimulai sekitar pukul 11.00 siang. Adapun kegiatan tersebut dimulai dengan acara potong tumpeng dan kue tart, atur pambagyoharjo dan atur kasugeng dalem, hiburan berupa tarian dan ditutup jabat tangan tamu undangan dengan SIJ Mangkunegoro IX.

IMG_1521

Untuk tahun ini, merupakan Hajad tingalan wiyosan dalem SIJ Mangkunagoro IX dan GKP Mangkunegoro IX ke 65 tahun. Acara tersebut merupakan simbol ucapan syukur kepada Tuhan atas diberikannya umur panjang terhadap penguasa Pura Mangkunegaran.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge