0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Usai KLC, Larasati Berharap Ikuti Jember Fashion Carnival

timlo.net/aditya wijaya
Lintang Ayu Larasati memamerkan kostum Klaten Lurik Carnival yang dikenakannya (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Sudah jauh-jauh hari Lintang Ayu Larasati (19) mempersiapkan diri untuk ikut ajang Klaten Lurik Carnival (KLC) 2016. Bahkan, dia sebelumnya juga pernah tampil di Solo Batik Carnival akhir Juli lalu.

“Sekitar lima bulan lalu menyiapkan kostum ini. Beratnya sekitar 20 kilogram,” kata Lintang, Kamis (18/8).

Kostum  karnaval yang dikenakan warga Kecamatan Trucuk ini tergolong unik. Dengan didominasi warna ungu, kostum tersebut dikreasikan dengan aksesoris berupa lampu taman pada sisi kanan dan kirinya.

“Pakai kostum ini enggak begitu susah untuk berjalan. Karena kemarin pernah ikut di Solo Batik Carnival. Semoga akhir bulan nanti bisa ikut Jember Fashion Carnival,” ujar Lintang.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten, Joko Wiyono mengatakan, kostum peserta ajang KLC tahun kedua itu akan dinilai oleh tim juri. Diantaranya, akademisi dan praktisi, Tiwi Bina Affanti (Kepala Program Studi Seni Kriya dan Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain UNS), I Made Sukanadi (dosen ISI Jogja), dan Heru ‘Mattaya’ Prasetya (praktisi karnaval, koordinator Red Batik Solo).

“Penilaian berdasarkan kesesuaian tema, koreografi dan desain kostum. Bahan dasar minimal 75 persen kain lurik yang dapat dikombinasikan dengan batik cap. Sedangkan lurik lukis bisa dipadu dengan kreasi lukisan berbagai motif lurik,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge