0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bapermas Tunggu Laporan Dana Desa Hingga Akhir Agustus

Ilustrasi Dana Desa (dok.timlo.net/gg)

Klaten — Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Klaten telah melakukan verifikasi serapan Dana Desa tahap pertama. Hal itu berdasarkan laporan tim pemantau pelaksanaan realisasi Dana Desa pada 25 Juli-9 Agustus 2016.

“391 desa sudah kami verifikasi. Rata-rata secara fisik sudah 80 persen, hampir selesai,” kata Kepala Bapermas Klaten, Herlambang Jaka Santosa, Kamis (18/8).

Pihaknya berharap, pemerintah desa (Pemdes) segera menyelesaikan laporan realisasi penggunaan Dana Desa tahap pertama.  Sebab, untuk dapat mengajukan tahap kedua minimal serapan Dana Desa tahap pertama sebesar 50 persen. Sedangkan pengajuan pencairan Dana Desa tahap kedua pada September mendatang.

“Pemdes sudah harus menyerahkan laporan tersebut sebelum bulan September. Terlebih masa pencairan Dana Desa tahap pertama dengan waktu realisasi sudah dinilai cukup. Tinggal mempercepat sampai akhir Agustus ini terutama laporan,” jelas Herlambang.

Tahun ini, Kabupaten Klaten mendapatkan jatah Dana Desa sebesar Rp 243.866.425.000 untuk 391 desa atau Rp 243,8 miliar. Pencairan Dana Desa tahap pertama diberikan sebesar 60 persen dan sisanya 40 persen akan diberikan pada tahap dua. Penyaluran tersebut berbeda dengan tahun lalu yang diberikan dalam tiga tahap.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge