0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sampah Putri Cempo Bisa Hasilkan Listrik 10 Megawatt per Jam

TPA Putri Cempo, Mojosongo. Jebres, Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo —¬†Sampah-sampah yang dibuang Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Mojosongo, Jebres, Solo bakal diolah sekaligus diubah menjadi tenaga listrik. Pengolahan sampah hingga menghasilkan tenaga listrik akan ditangani PT Citra Metro Jaya Putra sebagai pemenang lelang proyek..

“Kami merencanakan dalam 2,5 tahun ke depan, TPA Putri Cempo sudah dapat menghasilkan listrik dari tenaga sampah dengan hasil 10 megawatt per jam,” jelas Pimpinan Konsorsium PT Citra Metro Jaya Putra Elan Syuherlan kepada wartawan, seusai mengikuti upacara HUT Kemerdekaan ke 71, di Stadion Sriwedari, Solo, Rabu (17/8).

Menurut Elan, saat ini pihaknya sedang melakukan studi lokasi di TPA Putri Cempo dan menyusun desain. Rencananya pembangunan akan dirampungkan 2,5 tahun pasca pembangunan dimulai.

“Untuk kapasitas sampah 250 ton per hari dari kota Solo, nantinya bakal menghasilkan listrik 10 megawatt dalam satu jam,” ujarnya.

Elan mengatakan, nantinya alat yang digunakan akan beroperasi selama 24 jam. Tetapi dalam setahun hanya akan beroperasi 8.000 jam karena perlu adanya pemeliharaan.

Menurutnya, sampah yang ada di TPA Putri Cempo kebanyakan sampah organik. Sebagian sampahnya sudah dipilah sebelum masuk ke TPA.

Untuk pelaksanaan pengolahan sampah menjadi tenaga listrik ini, kata Elan, nilai investasi yang dikeluarkan PT Citra Metro Jaya Putra mencapai Rp 417 miliar. Nantinya pengolahan sampah ini dikelola selama 20 tahun kedepan. Setelah 20 tahun nanti akan dikembalikan lagi ke Pemkot Solo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge