0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

City Walk Slamet Riyadi Dibongkar

City Walk di Jalan Slamet Riyadi dibongkar untuk membenahi saluran drainase yang ada di bawahnya (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Pembenahan saluran Drainase di bawah City Walk akhirnya dimulai setelah kontrak kerja ditandatangani akhir Juli lalu. Pengerjaan dimulai dengan membongkar paving blok di depan bekas markas Kodim ke arah Barat sampai Sala Grand Mall.

“Sudah dikerjakan beberapa hari lalu. Tahap pertama sampai depan grand Mall dulu,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Endah Sitaresmi, Rabu (17/8).

Menurut rencana, city walk akan mengalami sejumlah perubahan. Saluran drainase di bawahnya akan diperlebar dari 80 menjadi 150 CM. Tinggi City Walk juga akan dikurangi sehingga selisih antar permukaan city walk dan jalan Slamet Riyadi tidak terlalu besar. Untuk pengerjaan proyek itu, Pemkot Solo menyediakan anggaran hingga Rp 3,16 Miliar.

“Jumlah inlet air dari jalan juga akan kita tambah supaya air hujan bisa lebih cepat tersalurkan,” kata dia.

Sita mengatakan pembenahan saluran drainase di bawah city walk sudah sangat mendesak dikerjakan. Selama ini, Jalan Slamet Riyadi yang menjadi urat nadi ekonomi Kota Solo itu kerap tergenang air bila hujan deras cukup lama. Diduga kondisi saluran bawah tanah itu sudah rusak. Ditambah lagi sedimen di dalamnya sudah cukup dalam sehingga saluran tidak berfungsi optimal.

Kepala Bidang Drainase, Arif Nurhadi saluran di bawah city walk sudah bertahun-tahun tidak mendapat jatah perawatan. Ia beralasan anggaran untuk normalisasi saluran drainase sangat minim sehingga pihaknya harus memprioritaskan titik-titik yang lebih parah.

“Saluran drainase di Solo in banyak sekali yang rusak dan harus dibenahi tapi anggarannya minim sekali,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge